Search This Blog

Mengenal Teknologi Fiber Optic dan Penggunaannya

Teknologi Fiber Optic 
Fiber optic atau serat optik merupakan sebuah saluran tranmisi yang dibuat dari material plastik atau kaca berukuran kecil. Plastik atau kaca tersebut begitu halus, malah lebih halus dibandingkan sehelai rambut manusia. Diketahui diameter kabel plastik berukuran kurang lebih 120 mikrometer. Sebuah ukuran yang sangat tipis dan kecil untuk kabel transmisi teknologi anyar serta dapat mengantarkan data dalam skala besar bila dibandikan dengan kabel tembaga ataupun dengan tanpa kabel (wireless).
Fiber Optic atau Serat Optik,
Source : www.sensorsmag.com
Meski demikian nyatanya kabel dari plastik tipis ini bisa digunakan untuk mentranmisikan sinyal cahaya dari sumber cahaya ke tempat lain. Adapun sumber cahaya yang biasa digunakan yakni LED atau bisa juga sinar laser. Penggunaan teknologi ini pun sudah semakin marak. Setidaknya dalam 2 dekade ini, baik di mancanegara atau di Indonesia.

Dalam perkembangannya, teknologi fiber optic yang canggih ini pun telah mengambil bagian penting dan memberi tampilan baru pada teknologi industri. Khususnya dalam industri automasi dan industri telepon jarak jauh. Serat optik ini pula yang memiliki andil besar dalam penyebaran internet di seluruh dunia. Sehingga Anda sekarang bisa mengakes internet untuk berburu berbagai informasi yang dibutuhkan. Berikut beberapa kelebihan dari serat optik, diantaranya yaitu:

  • Bandwidth begtu besar dengan kecepatan transmisi hingga skala GB per detiknya. Sehingga dapat mengirimkan informasi jarak jauh secara cepat. Bahkan tanpa pengulangan.
  • Ukuran serat fiber relatif kecil dan ringan. Pengaplikasiannya sangat hemat ruang. Dimana biaya pemasangan dan pengoperasian juga relatif rendah, namun tingkat keamanan tetap tinggi.
  • Kabel tipis dari plastik ini menjamin penggunaan yang aman karena tidak berkarat. Dijamin pula tidak menyebabkan percikan api atau tenaga listrik. Teknologi anti terhadap gangguan elektromagnetik dan gelombang radio.
Teknologi GPON FTTx
Berbicara tentang teknologi serat optik, maka tidak terlepas pula dari GPON (Gigabit Passive Optical Network). Merupakan sebuah teknologi akses yang termasuk dalam akses broadband FTTx yang memungkinkan penyampaian informasi melalui kabel optik. Teknologi ini berbasis serat optik yang bekerja dengan prinsip tertentu. Yakni saat OLT mengirimkan sinyal data, selanjutnya splitter akan mengirimkan ke sejumlah ONU seperlu menyampaikan data sinyal yang dibutuhkan. Splitter berperan sebagai pembagi jaringan. Splitter sering digunakan pada PON atau sistem Point to Multipoint.

Teknologi GPON mendukung aplikasi triple play seperti data, suara, ataupun video. Diantara FTTx berikut menggunakan teknologi GPON, yaitu FTTH (fiber to the home), FTTB (fiber to the building), FTTS (fiber to the base station), dan FTTB O (fiber to the Office). Untuk fiber to the building sendiri direkomendasikan untuk perkembangan GPON menggunakan serat optik. Pasalnya penggunaan serat optik dengan teknologi GPON akan semakin mudah dan bisa selaras mengikuti perkembangan teknologi yang makin canggih.

Baca Juga : Teknologi GPON
OLT ZTE
Teknologi ini mampu membangi bandwidth hingga 32 ONT yang baik diterapkan guna mengurangi penggunaan kabel. Dimana jangkauan bisa lebih luas. Ada kelebihan lainnya yang juga perlu Anda tahu, seperti Anda bisa mengalokasikan bandwidth sesuai kebutuhan. Tentunya dengan biaya perawatan yang hemat lantaran menggunakan komponen yang pasif.
OLT Alcate Lucent

Jaringan FTTx menggunakan GPON sudah banyak digunakan di sejumlah perusahaan dan juga jaringan rumah di tanah air. Terutama sebagai jaringan backbone seperlu mendukung kebutuhan komunikasi jarak jauh. Selanjutnya jaringan dikembangkan sampai ke terminal pengguna melalui medi fiber. Sehingga masyarakat bisa mendapat layanan telekomunikasi lebih ampuh dengan biaya lebih rendah. Apa yang sebelumnya tidak mungkin kini bisa terjadi dengan teknologi fiber optic.

Sekian dulu,
Semoga uraian diatas dapat menambah wawasan dan literatur anda dalam basic Fiber Optic,


0 komentar:

Post a Comment